Sarana berbagi cerita untuk saling menguatkan

Telat Masuk, jadinya Bolos


Kamis, 11 Maret 2010. Pagi ini (07.26 WIB) aku bertemu dengan segerombol anak berseragam Putih Abu-abu lengkap dengan dasinya. Aku heran, ga biasanya ada anak berseragam nongkrong depan tempatku menghabiskan waktu 6 hari dalam seminggu itu. Awalnya sih aku mikir, mungkin mereka nunggu angkot atau sejenisnya. Dan itu benar. Mereka memang menunggu kendaraan umum. Tapi ada yang aneh dari mereka.

Lama aku melihati mereka hanya duduk dan membiarkan banyak angkutan umum jalan begitu saja. Tak ada sedikitpun inisiatif dari mereka untuk mencegatnya, salah satu saja. Aku pun tergelitik untuk bertanya pada mereka.
"Kalian Ga sekolah?" tanyaku dengan wajah innocent (weksz...)
"Ga. Udah telat." jawab salah satu dari 4 orang yang aku tanya.
"Lo? Emang kenapa? Kalo dah telat, dikunciin t?" tanyaku lagi sambil bercanda
"Iya Mas." Jawabnya lagi dan bebrapa temannya meyakinkanku.
"Trus, akhirya bolos deh?" Aku meyakinkan diriku, tentang mereka.

Hm.. aku heran, apakah tindakan sekolah seperti itu bisa dibenarkan? Pasalnya, kalau seorang siswa terlambat, berarti mereka tak diberi kesempatan untuk belajar pada hari itu. Aku mengerti dengan tindakan sekolah itu, tak lain untuk memperingatkan siswanya. Bagaimna Menurut Anda?
1 Komentar untuk "Telat Masuk, jadinya Bolos"

memang persoalan ini juga terjadi di tempatku, kalo menurutku sih telat memang perlu diberi sanksi, tetapi bukan begitu caranya, sampai tidak memberi kesempatan siswa untuk belajar. sebenarnya itu bisa juga dibuat hukuman anak yang telat, tapi lihat masyarakatnya dulu, masyarakatnya masih kurang kesadaran akan pentingnya pendidikan dan kedisiplinan.
kalo kondisi masyarakatnya demikian, mending masih dibolehkan masuk aja, tapi dikasih poin pelanggaran, atau suruh nyapu sekolah, atau apalah.. terserah, tapi tetep boleh masuk....
mungkin bisa juga diberlakukan dikunci gitu.. asalkan dikasih pengertian dalam kelas tentang terlambat, atau mungkin dalam pelajaran pada waktu itu di beri sesuatu yang menarik yang siswa gak pengen meninggalkannya... intinya siswa mesti tetep diberi motivasi agar tetep pengen masuk sekolah, terserah bagaimana caranya atau bentuknya. mmm apa lagi yah... udah deh, gitu aja dulu...

Ads Support

Back To Top